PROKAL.CO, SAMARINDA. Kelurahan Bukuan, Palaran, patut berbangga karena menjadi satu-satunya perwakilan Kota Samarinda mengikuti Lomba Kelurahan Berprestasi tingkat Provinsi Kaltim, yang akan bersaing dengan dua kelurahan dari Balikpapan dan Kutai Kartanegara.

Lurah Bukuan Didi Zulyani menjelaskan, banyaknya aspek dinilai dalam lomba tersebut. Mulai dari pemerintahan, kelembagaan (LPM dan PKK), kebersamaan dan kerja sama masyarakat, dan kesehatannya.

“Yang memperkuat penialaian kami adalah organisasi masyarakatnya, terutama PKK. Karena dari 2015 lalu, memiliki banyak kegiatan dan telah meraih berbagai prestasi. Intinya, prestasi ini adalah milik semua,” ungkapnya bangga kepada Sapos, Senin (17/10) kemarin.

Selain itu, Didi menuturkan keunggulan Kelurahan Bukuan yang lain, adalah inovasi di bidang teknologi. Di mana dalam perkembangan internet, Bukuan lebih unggul dari kelurahan lain.

“Kami sudah memasang fiber optik, program kelurahan menggunakan software integrasi internet, dan pengaktifan wifi. Hal tersebut mungkin menjadi nilai tambah buat kelurahan kami, karena di sini terbilang desa, tetapi sudah kota,” terangnya.

Selain itu, prestasi sekolah, lurah yang menjabat sejak 2014 di Kelurahan Bukuan ini mengaku, mengandalkan prestasi seni dari SDN 002 Bukuan. Karena satu-satunya sekolah yang melestarikan budaya asal Jawa, yaitu kesenian Tapak Gendang.

“Pelatihnya langsung dari Jawa. Tujuan kami agar anak-anak tersebut benar-benar memahami kesenian yang mereka pelajari,” jelasnya.

Didi berharap, Bukuan bisa lebih baik dari sebelumnya. Dengan atau tanpa adanya penilaian. Selain itu, masyarakat harus selalu aktif di semua kegiatan. Mulai dari keagamaan, maupun kegiatan di lingkungan mereka sendiri.

“Saya ingin mereka mengubah pola pikir mereka, agar tidak selalu berpikir menjadi orang Palaran, tetapi bagaimana caranya menjadi orang Samarinda. Dalam artian, mereka berpikir lebih maju. Karena konsep kami di sini adalah kebersamaan, tetapi sudah modern,” tutupnya. (rm-3/ama)

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Bukuan
Daftarkan Aplikasi Pesan KaKe KB & Kesehatan melalui SMS dengan Ketik : BUKUAN(spasi)DAFTAR(spasi)NIK(spasi)NAMA kirim ke 1280 untuk mendapatkan info berupa SMS Broadcast tentang KB & Kesehatan
Download e-bukuan di ponsel Android dan dapatkan layanan e-warga untuk pelayanan di Kelurahan