Program Pelayanan dari Pinggiran

PROKAL.CO, SAMARINDA. Meski berada di pinggiran kota, namun siapa sangka Kelurahan Bukuan dinobatkan sebagai Kampung Informasi dan Teknologi (IT) atau e-Village of Bukuan.

Wali Kota Samarinda, Syahrie Jaang yang meresmikan kampung IT, Jumat (14/4) lalu, mengapresiasi keberhasilan Lurah Bukuan, Didi Zulyani sebagai pencetus program.

Tiga program elektronik digunakan Didi untuk memudahkan serta mempercepat pelayanan kepada warga. Ketiga program itu yakni e-Kelurahan, e-Bukuan dan e-Suara. Masing-masing program yang diluncurkan di waktu berbeda ini memiliki tujuan memudahkan.

"Misalnya e-Kelurahan yang ditujukan bagi operator pelayanan di kelurahan, sedangkan e-Bukuan bertujuan untuk memudahkan warga dalam mengajukan permohonan. Sedangkan e-Suara ditujukan bagi ketua RT agar tak kesulitan dalam memberikan pengantar," terang Didi.

Didi sedikit bercerita, pemikiran pelayanan berbasis IT sudah lama ia pikirkan. Ia pun mulai mencari referensi serta perbadingan dengan wilayah kelurahan di luar kota yang lebih dulu menerapkannya.

"Dari situ kemudian saya coba membuat serta mengembangkannya. Dan akhirnya sekitar 1 tahun lebih berjalan e-Kelurahan merupakan program pertama yang diluncurkan serta digunakan sampai dengan saat ini," tutur Didi.

Tak kalah dengan program e-Kelurahan. Dua program lain yang menyusul peluncurannya menambah memudahkan pelayanan. "Memang masih ada yang perlu dibenahi serta dikembangkan, namun kami akan terus berinovasi sehingga pelayanan kepada warga bisa lebih baik dan cepat serta akurat," tandasnya.(oke/aya)

E-Village of Bukuan
Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Bukuan
Daftarkan Aplikasi Pesan KaKe KB & Kesehatan melalui SMS dengan Ketik : BUKUAN(spasi)DAFTAR(spasi)NIK(spasi)NAMA kirim ke 1280 untuk mendapatkan info berupa SMS Broadcast tentang KB & Kesehatan
Download e-bukuan di ponsel Android dan dapatkan layanan e-warga untuk pelayanan di Kelurahan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KELURAHAN BUKUAN